Senin, 12 Maret 2012

MET TAHUN BARU 2012

Meriahnya atraksi kembang api di angkasa malam tadi menandai pergantian tahun baru, meskipun disertai dengan hujan rintik rintik, tetapi minat masyarakat untuk tidak melewatkan pergantian tahun baru begitu besar, sehingga mereka tetap antusias merayakannya. Barangkali penyambutan pergantian tahun tahun ini lebih meriah dibandingkan dengan tahun sebelumnya, setidaknya di daerah Semarang. Hal tersebut ditandai dengan semakin banyaknya pesta kembang api di angkasa yang cukup menggegerkan jagat. Bahkan banyak anak anak yang juga larut dalam pesta tersebut.

Tidak kalah antusiasnya, masyarakat di sekitar saya tempat tinggal ternyata cukup banyak yang berpesata makanan dengan masakan yang beraneka ragam. Tentu semua itu dalam tujuan yang sama yakni merayakan pergantian tahun baru. Tidak sedikit pula yang sejak sore hari telah membunyikan petasan, layaknya kalau idul fitri. Kita semua tahu bahwa petasan semacam itu telah dilarang di Negara kita, tetapi kita juga tahu pula bahwa tradisi petasan tersebut memang sungguh sulit dihilangkan dari masyarakat kita. Buktinya semalam hamper tidak ada waktu yang kosong dari suara petasan, termasuk kembang api di udara.

Pesta pergantian tahun baru juga dilakukan dengan menggelar konser musik yang justru tidak kalah menariknya. Ratusan ribu manusia tumplek blek di tempat konser. Untungnya tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Tentu sebelumnya kita sangat was was, karena biasanya dalam konser semacam itu banyak orang yang memang sengaja membuat kekruhan. Tetapi kali ini, berkat kesigapan dan kesiapan aparat dalam mengamankan konser, hingga selsai acara, semua aman aman saja.

Tentu kita patut bersyukur bahwa pesta masyarakat dalam merayakan pergantian tahun baru tadi malam, secara keseluruhan dapat berjalan secara baik, meskipun kita harus menyadari masih adanya hal hal yang sangat kita sesalkan, disebabkan kekurang sadarannya sebagian masyarakat dalam memelihara keselamatan. Yang paling penting barangkali ialah kita harus bersyukur bahwa kita sudah dapat memasuki tahun baru 2012 ini dengan selamat dan kita nanti dalam menjalaninya setahun kedepan dapat memperoleh manfaat yang besar untuk kesejahteraan kita.

Seperti tradisi yang sudah ada di masyarakat kita, tentu kita juga menyaksikan sebagian masyarakat kita yang memperingati pergantian tahun ini dengan berdoa bersama sambil makan bersama. Doa bersama tersebut diawali dengan ajakan untuk merenungkan kembali seluruh perjalanan hidup kita selama tahun 2011, untuk kemudian berupaya agar pada tahun 2012 nanti dapat meningkatkan semua yang kita jalani. Bahkan kalau mungkin pada tahun 2012 nanti kita hars dapat mewujudkan salah satu keinginan besar kita yang selama ini belum dapat kirta wujudkan ditahun 2011.

Keinginan besar kita memang banyak dan masing masing dari kita tentu berbeda kenginan besar tersebut. Keinginan besar tersebut dapat berupa mendapatkan pekerjaan yang baik bagi mereka yang belum bekerja, mendapatkan amanah anak yang selama ini belum dikaruniai anak oleh Tuhan, membeli rumah bagi yang selama ini masih mengontrak, dan lain sebagianya. Dengan refleksi diri serta mengevaluasi seluruh kinerja kita selama satu tahun ini, tentunya kita dapat mengukur kemampuan kita, sejauh mana kita dapat mewujudkan keinginan besar kita tersebut. Tentu ukuran kemampuan tersebut harus tetap disertai dengan doa yang terus menerus kepada Tuhan, karena kita sangat tahu bahwa Tuhan akan dapat mengabulkan permohonan kita, manakala kita terus memohon dan berusaha.

Apa yang dapat kita peroleh dalam memperingati perganian ahun baru kali ini tentunya sangat tergantung kepada kita sendiri. Ada yang hanya mendapatkan pengalaman kesenangan semata tanpa dapat memberikan pengaruh positif bagi kehidupan kita di masa mendatang, bahkan ada juga yang hany mendapatkan kepuasa sesaat dan setela itu kecapean saja yang ada dalam dirinya, tetapi ada juga yang bisa mendapatkan sesuatu yang berguan dalam hidupnya. Orang yang dapat menemukan sesuatu yang dapat digunakan dalam merajut hidupnya kedepan, ialah mereka yang dalam memperingati pergantian tahun kali ini dapat membuat renungan dalam dirinya dan kemudian dari situ timbul hasrat yang kuat untuk merencanakan hidupnya di masa mendatang denga lebih baik.

Kesadaran untuk dapa menemukan kekurangan dan kelemahan kita sendiri sesungguhnya merupakan hal besar yang tidak semua orang dapat melakukannya. Hanya orang orang cerdas dan beruntunglah yang dapat melakukankannya. Untuk melihat kelemahan dan kekurangan pada diri sendiri memang lebih susah dibandngkan melihat kekuranga orang lain. Bahkan ada perbahasa yang sangat kita kenal yakni "gajah dipelupuk mata tidak kelihatan, tetapi kuman di sebarang lautan tampak jelas".

Meskipun peribahasa tersebut untuk menggambarkan betapa orang itu sangat gemar melihat kekurangan orang lain dibandingkan dengan kekurangan diri sendiri, tetapi secara luas dapat juga dijadikan peringatan untuk kita bahwa melakukan evaluasi diri dengan tanpa harus membandingkannya dengan pihak lain itu menjadi sangat penting, karena dengan evaluasi tersebut kita akan dapat mengetahui kemampuan kita untuk melakukan sesuatu dan sekaligus mendapatkan keuntungan. Mengetahui kemampuan diri akan dapat menghindarkan kita dari kemungkinan putus asa dan menyalahkan pihak lain, bahkan Tuhan sekalipun.

Artinya tanpa mengetahui kemampuan yang ada pada diri kita, tentunya akan sulit bagi kita untuk merencanakan sesuatu yang relative tepat dalam menempuh kehidupan di dunia ini secara normal. Bagi kita yang sudah kenyang dengan pengalaman hidup, suka dan duka tentunya juga menyertai pengalaman hidup kita tersebut, tentunya akan sangat paham dan sepakat dengan evaluasi diri tersebut. Cuma soal bahasa dan caranya mungkin bisa berbeda antara satu orang dengan lainnya.

Menurut saya dalam menyikapi tahun yang baru saja kita jalani ini kita tidak boleh pesimistis, tetapi sebaliknya kita harus optimis, karena Tuhan tentu akan menyertai kita, manakala kita terus mendekatkan diri dan sekaligus berupaya untuk melakukan sesuatu yang ada manfaatnya, baik bagi diri, kluarga maupun orang lain dan masyarakat secara umum. Artinya meskipun tahun boleh baru dan semangat juga harus diperbarui, tetapi adakalanya sesuatu yang sudah mapan dan berjalan dengan baik, tidak perlu lagi diubah dan diperbarui. Barangkali kalau hanya diperbarui semangat dan ghirahnya saja tidak mengapa, tetapi kalau secara fisik semua hal harus diperbarui itu sesuatu yang sangat mengada ada dan menyulitkan kita semua.

Sekali lagi yang paling penting dalam persoalan ini ialah kita ada semangat baru untuk melakukan perbaikan perbaikan serta komitmen diri yang kuat untuk selalu berada dalam koridor yang benar, yakni sesuai dengan jalan yang ditunjukkan oleh Tuhan, sekaligus berada dalam jalur yang tidak bertentangan dengan peraturan perundangan yang berlaku di Negara kita tercinta. Sebagai bagian dari masyarakat yang menginginkan kemajuan dan ketenteraman serta keamanan, kita tentunya sangat sepakat manakala seluruh komponen bangsa ini menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan.

Bahkan lebih jauh kita pastinya harus menyetujui dan sekaligus memahami dengan benar empat pilar Negara kita, yakni pancasila, Undang undang adasar 1945, Bhineka Tungggal ika, dan Negara kesatuan republic Indonesia. Kita tampaknya memang harus prihatin dengan generasi muda kita yang kurang grget dalam menyikapi empat pila rnegara kita, sehingga sebagian mereka banyak yang sangat mudah melakukan sesuatu yang mengarah kepada anarkhi, kekerasan dan lainnya.

Pendidikan karakter yang saat ini baru disadai tentang pentingnya, sesungguhnya merupakan pendidikan dasar yang harus diterima oleh seluruh anak bangsa. Nah, dengan mendalami dan memahami secara benar empat pilar Negara yang sudah menjad kesepakatan kita tersebut, kita berharap generasi mendatang akan dapat lebih baik dan sekaligus dapat mewujudkan keingina para pendiri bangsa ini, yakni menjadikan bangsa dan Negara ini kuat dan disegani oleh pihak manapun. Sedangkan rakyatnya menjadi makmur, dapat merasakan keadilan yang sesungguhnya dan sentosa serta merasa aman.

Jadi kembali kepada peringatan pergantian tahun baru yang tadi malam kita rayakan bersama, tentu kita sangat berharap bahwa tahun 2012 ini akan bisa membawa kesuksesan kita membewa keberuntungan kita dan sekaligus menghindarkan kita dari segala macama marabahaya dan hal al yang menyedihkan. Semua itu bukan sekedar permohonan dan harapan semata melainkan juga harus kita usahakan sedemikian upa sehingga semua itu akan dapat menjadi kenyataan. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar